ANALISIS YURIDIS TENTANG KONFLIK KEPEMILIKAN ATAS TANAH OLEH MASYARAKAT DI KAWASAN HUTAN LINDUNG DAS MANGGAR LEGAL ASSURANCE ON THE MANAGEMENT AND OWNERSHIP OF LAND RIGHTS IN THE PROTECTED FOREST AREA OF THE MANGGAR RIVER FLOW

Authors

  • Muhammad Yunus Universitas Balikpapan

Keywords:

Konflik, Kepemilikan, Atas Tanah, Hutan Lindung

Abstract

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: Apakah yang menjadi dasar hukum masyarakat terkait dengan penguasaan tanah di Kawasan Hutan Lindung DAS Manggar dan Bagaimana perlindungan hukum terhadap pemegang sertifikat Hak Milik pasca ditetapkannya sebagai kawasan hutan lindung.

Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian hukum normatif,  yaitu cara penulisan yang didasarkan pada analisis terhadap teori hukum serta peraturan perundang-undangan yang sesuai dan berkaitan dengan permasalahan dalam penulisan penelitian hukum. Penelitian hukum normatif ini adalah suatu prosedur dan cara penelitian ilmiah untuk menemukan kebenaran berdasarkan logika keilmuan hukum dari segi normatifnya. Sedangkan metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis kualitatif. Metode ini merupakan metode analisis data dengan cara menggambarkan keadaan atau status fenomena dengan kata-kata atau kalimat yang dipisah-pisah menurut kategori untuk memperoleh kesimpulan.

Downloads

Published

2020-04-01

Issue

Section

Articles