PENGARUH CITA RASA, HARGA, PELAYANAN DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA CAFE RUMAH TEDUH
TINJAUAN HUKUM PERLINDUNGAN KONSUMEN
Keywords:
Cita Rasa, Harga, Pelayanan, Promosi, Perlindungan Hukum KonsumenAbstract
Penilitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh cita rasa, harga, pelayanan dan promosi terhadap keputusan pembelian dalam tinjauan hukum perlindungan konsumen. Penelitian ini dilakukan pada pelanggan dan pemilik Café Rumah Teduh yang berlokasi di Lembang Kabupaten Majene. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif serta kajian pustaka. Data yang digunakan merupakan data yang berdasarkan informasi dari konsumen yang berkunjung, pemilik dan karyawan. Selain itu, terdapat beberapa data yang diperoleh dari kajian pustaka yang mendukung dalam penelitian ini. Berdasarkan hasil penelitian, cita rasa yang tersedia di Café Rumah Teduh dapat dilihat dari menu yang disediakan, yang terdiri atas tiga macam: manual brew, milk coffee, dan single origin. Dari segi harga, dapat dikatakan bahwa daftar menu yang tersedia sesuai dengan indikator yang mencirikan harga, yaitu: keterjangkauan harga, kesesuaian harga dengan kualitas produk, daya saing harga, dan kesesuaian harga dengan manfaat. Dari segi pelayanan, telah memberikan pelayanan yang cukup baik mulai dari penyambutan pada saat masuk Cafe, serta keramahan pegawai yang bersedia membantu para konsumen untuk memesan produk/minuman yang diinginkan. Dari segi promosi, meskipun media promosi yang digunakan masih terbatas pada beberapa platform digital, namun pengunjung dari berbagai kalangan tetap berdatangan, meskipun biasanya kebanyakan mahasiswa. Sementara itu, keputusan pembelian yang terjadi di Cafe Rumah Teduh berdasarkan pada beberapa peran, diantaranya: (1) influencer, (2) decider, (3) buyer, dan (4) user. Olehnya itu, berdasarkan UU perlindungan konsumen, dapat dikatakan bahwa Cafe Rumah Teduh selaku penyedia layanan ngopi, telah memenuhi hak-hak konsumen sebagaimana diatur pada pasal 4.